Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemprov Sumbar Resmikan Warung Posko Pangan 2023

Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat serta menekan laju inflasi, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meresmikan warung posko pangan di Muaro Penjalinan Padang, Selasa (10/10/23).

Turut hadir dalam peresmian secara live streaming Kementerian Perekonomian, Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi), Sahabat Usaha Rakyat (Sahara) serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat, Endrizal, saat meresmikan warung posko pangan memberikan dukungan penuh program ini dan berharap agar menjadi awal untuk kemajuan masyarakat yang memiliki atau baru mau merintis usaha.

Menurut Endrizal, Sumatera Barat saat ini telah mencetak kurang lebih 100.000 enterpreneur mulai dari usaha mikro, hingga usaha besar serta yang menjadi target dari program ini, selanjutnya dibina dan diarahkan dalam kegiatan warung posko pangan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Posko pangan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para UMKM seperti pemilik warung agar memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan karena di posko pangan ini terdapat sepuluh komoditi pangan utama seperti beras, minyak goreng, gula dan lainnya dengan harga terjangkau," papar Endrizal.

Lebih lanjut Derliati, sebagai Kepala Bidang Pengawasan Koperasi dan UMKM menambahkan bahwa Dinas Koperasi dan UMKM siap memberikan pelatihan kepada para Enterpreneur seputar marketing hingga melakukan pengawasan mengenai kendala yang terjadi di lapangan.

 “Kegiatan seperti ini harus diawasi agar berjalan tertib dan tersistem agar mengalami peningkatan, terlebih yang menjadi target sasaran program ini adalah untuk memaksimalkan usaha masyarakat," ucap Derliati.

Kedepannya warung posko pangan akan didirikan di beberapa nagari, kota dan kabupaten yang ada di Sumatera Barat untuk memberdayakan perekonomian masyarakat serta mengurangi laju inflasi (RYH/PJ/DiskominfotikSumbar)