RAPAT KOORDINASI PEMBERDAYAAN KOPERASI DAN UMKM 2016

Mengawali tahun 2016, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Pemberdayaan Koperasi dan UMKM (Rakorda Koperasi dan UMKM) di Grand Rocky Hotel Bukittinggi pada tanggal 28 s/d 29 Januari yang dibuka oleh PJ Gubernur Sumatera Barat diwaliki oleh Sekretaris Daerah Bapak Dr. Ali Asmar, M.P, menghadirkan Narsumber dari Kementerian Koperasi dan UKM RI Asisiten Deputi keanggotaan Koperasi Salekan SH, Staf Ahli Menteri Hubungan Antar Lembaga Dr. Ir. Pariaman Sinaga, MM, dan Akademisi Prof. Dr. Reni Mayerni yang merupakan Guru Besar Manajemen Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Adapun peserta yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah 3 orang perwakilan dinas yang membidangi koperasi dan 1 orang perwakilan Bapeda dari 19 Kabupaten/Kota Di Sumatera Barat.

Rakorda Koperasi dan UMKM bertujuan untuk mengsinkronkan kegiatan pembinaan koperasi dan UMKM di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat dengan Dinas koperasi dan UMKM propinsi Sumatera Barat dan Kementrian Koperasi dan UKM RI. Menurut Salekan, SH dalam presentasinya menyatakan pentingnya peraturan-peraturan tentang kelembagaan yang berkaitan dengan operasinal koperasi berupa 16 Paket Deregulasi Permen yang antara lain beriskan Petunjuk Pelaksanaan Pemupukan Modal Penyertaan Pada Koperasi, tentang Pedoman Akuntansi Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi, Penilaian Indeks Pembangunan Koperasi terhadap Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Koperasi dan Revitalisasi Koperasi. Bapak Dr. Ir. Pariaman Sinaga, MM menyampaikan materi tentang kesiapan Koperasi dan UMKM di Indonesia untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015 (MEA 2015).  One Village One Product (OVOP) merupakan salah satu strategi andal yang bisa diterapkan di Koperasi dan UMKM untuk mempersiapkan diri bersaing dalam MEA 2015 sesuai dengan presentasi Prof Reni yang berjudul Pemberdayaan Produk Unggulan Daerah Pendekatan OVOP.

Kegiatan ini mendapat antuasias yang sangat besar dari para peserta. Diharapkan kedepannya kegiatan ini dapat memberikan masukan dan informasi  demi pembangunan koperasi dan UMKM di Provinsi Sumatera Barat.